Baik Untukmu, Buruk Untukmu Juga


Baik Untukmu, Buruk Untukmu Juga
"Sebuah Catatan Terhadap Pembacan Catatan Editor"
Oleh : Ettanya Ain




...
Akhir kata, dalam produktivitas para penulis di kumpulan cerita pendek ini tak ada kriteria maupun predikat kualitas yang diukur oleh baik dan buruknya sebuah naskah. Pemahaman serta gagasan yang tertuang dalam antologi ini adalah sebuah media belajar penting dalam kepenulisan serta menjadi batu loncatan para penulis dalam menemukan bakat dan minat mereka terhadap kesusastraan.

Yogyakarta, 15 Agustus 2018
Pembina Kelas Menulis
Rafflesia Writer Community

Cucum Cantini

***

Demikianlah yang dituliskan oleh editor buku ini dalam sebuah pengantar. Biasanya, saya mengabaikan bagian "kata pengantar" saat membaca sebuah buku. Kali ini berbeda, saya membacanya karena editornya adalah orang yang saya kenal secara gagasan dan aktivitas intelektual.

Buku Kumpulan Cerita  Pendek yang berjudul, Perempuan Penakluk Ombak adalah kumpulan cerita yang dituliskan oleh setidaknya 20 Penulis (20 judul cerita). Diterbitkan oleh JBS, atas kerjasama dengan Rafflesia Writer Community. Editor dan pembinanya berdomisili di Jogjakarta, sedang sebagian besar penulisnya berdomisili di Bengkulu (Sumatra).

Beberapa hari yang lalu, sebuah postingan Ahid Hidayat (Akademisi Universitas Haluoleo) menuliskan sebuah catatan yang diberinya judul "Kritik". Saya membaca catatan itu beserta komentar dari orang orang yang meresponnya. Salah satu komentar yang saya amati adalah yang dituliskan oleh Patta Nasrah yang mengurai Istilah atau pelabelan Baik dan Buruk, serta benar dan salah. Kemudian ditanggapi lagi oleh Ahid Hidayat dengan respon yang merupakan sebuah penegasan. Penegasan tentang sudut pandang yang dijadikan sandaran catatan yang berjudul Kritik tersebut. Hanya respon (dialektika) singkat itu yang menurut saya sangat relevan dengan pengantar yang ada di dalam buku kumpulan cerpen ini. Selebihnya hanyalah baka baka sederhana (bukan tidak menarik).

Apa yang dilakukan oleh Cucum bersama dengan orang orang yang tergabung dalam Komunitas Menulis Rafflesia tersebut adalah agenda yang harusnya dijadikan virus yang menginfluens generasi. Literat semestinya adalah ruang yang diproduksi secara terus menerus.

Saya melihat apa yang dilakukannya adalah ajang pencarian bakat dan minat yang tidak dimaksudkan untuk memberi pelabelan juara pada satu orang saja. Juara pada ruang itu adalah kemampuan bersinergi untuk bergerak bersama mencerahkan peradaban dengan tulisan tulisan yang memiliki kanal yang tepat. Ide,gasasan serta perjuangan semestinya memang harus dituliskan, penyebarannya harus mampu melintasi batas batas geografis yang sebelumnya tak terjangkau.

Apa yang dilakukan Cucum dan teman temannya sejak lama, pun juga sedang digiatkan di Kota ini. Semoga, di kota ini, gagasan yang dituliskan tidak berhenti pada ukuran baik dan buruk semata (sebagai sebuah karya yang dituliskan). Pun jika ada yang disebut baik dan buruk untuk tiba pada takaran benar dan salah, kota ini memerlukan kuratorial yang objektif, jujur pada kebenaran.

***
Demikianlah pengantar saya atas pembacaan terhadap pengantar yang dituliskan oleh editor buku ini. Semoga saya mampu menuliskan catatan atas pembacaan terhadap cerpen yang ada dalam buku ini.
***

Rumah Bunyi
23/10/2018

H- 4 sebelum Pindah

COMMENTS

"BELAJAR ITU SEUMUR HIDUP"
Banner99
Name

--V,1,Ahmad Muthahier,1,Amrul Nasir,1,Andhika Mappasomba,3,Aprinus Salam,1,Azizaturahmi Madil,1,bookstore,1,Celoteh,8,Cerpen,9,Citizenship,1,Citra Deviyanti,1,Cucum Cantini,2,Dwi Novita Rahayu,1,Essai,10,Ettanya Ain,7,Faika Burhan,1,Inspiratif,1,Irhyl Makkatutu,1,Ismail Fathar Makka,1,Iwan Djibran,1,Kendari,2,La Hingke,1,La Ode Gusman Nasiru,1,Lailatul Qadriani,6,Literasi,1,Muhammad Yusuf Abdan,1,Nurul Mutmainnah,1,Penerbitan,1,Puisi,5,Raya Pilbi,2,Reportase,12,Review,4,Ridwan Demmatadju,1,Salim Kramat Alverenzo,1,Sinopsis,1,SOGI,1,Terbitan,4,Yusuf IW,1,
ltr
item
Rumah Bunyi : Baik Untukmu, Buruk Untukmu Juga
Baik Untukmu, Buruk Untukmu Juga
https://4.bp.blogspot.com/-BBgg437WXl0/W83suHmB9kI/AAAAAAAAAYE/H1ZA9KBGWMERYFIhDNcmBxdx-eHyYeZ9gCLcBGAs/s400/IMG_20181022_230245.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-BBgg437WXl0/W83suHmB9kI/AAAAAAAAAYE/H1ZA9KBGWMERYFIhDNcmBxdx-eHyYeZ9gCLcBGAs/s72-c/IMG_20181022_230245.jpg
Rumah Bunyi
https://www.rumahbunyi.com/2018/10/baik-untukmu-buruk-untukmu-juga.html
https://www.rumahbunyi.com/
https://www.rumahbunyi.com/
https://www.rumahbunyi.com/2018/10/baik-untukmu-buruk-untukmu-juga.html
true
2473427367586082924
UTF-8
Lihat Semua Tulisan Halaman Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan Hapus Oleh Home HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA ARTIKEL LAINNYA LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA TULISAN Tulisan yang Anda cari tidak ditemukan. Kembali Ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy Semua Code Pilih Semua Code Semua Code Telah Ter-copy Code/Teks Tidak Dapat Ter-copy, Silahkan Tekan [CTRL]+[C] (Atau CMD+C di Mac) Untuk Copy