Review Film : Sepenggal Pesan



Review Film “Sepenggal Pesan”
Oleh : Muh. Amrul Nasir

Berawal dari adegan seorang ayah yang tengah berdo’a dalam sholatnya, lalu diikuti dengan do’a untuk mendiang istrinya serta permohonannya agar mampu membesarkan anak-anaknya di dalam kondisi kesederhanaan. 

Film dengan judul “Sepenggal Pesan” ini berhasil menarik simpati penonton sejak scene awal dan mempertahankan rasa penasaran penonton hingga film ini berakhir.

Karya Sineas muda kita yang satu ini setidaknya memiliki beberapa poin penting yang perlu diapresiasi.

Pertama, film ini mengangkat isu global namun klasik, yakni Kemiskinan. Tak bisa dipungkiri lagi, setiap detik dalam film ini benar-benar menghadirkan kesan bahwa kemiskinan adalah salah satu isu yang kini menjadi musuh kita Bersama. 

Kemiskinan inilah yang menjadi pilar pertama untuk menjaga eksistensi alur cerita dalam film ini, lewat karakter Fahri, Sutradara berhasil menghadirkan kesan “dibawah tekanan” pada setiap raut wajah Fahri. 

Walaupun demikian, Fari juga memiliki sikap dengan integritas yang baik dalam dirinya. Hal ini sangat jelas terlihat dari berbagai ucapan dan perilaku Fari dalam film ini.

Ketika Nampak rutinitas Fari Bersama Ika, adik perempuannya, penonton seakan ikut merasakan pedihnya hidup yang mereka alami, kesan ini terus dimainkan dengan alur cerita maju hingga suatu hal tak terduga pun terjadi sesaat sebelum film ini berakhir.

Kedua, disamping mengangkat isu kemiskinan, Persoalan Pendidikan dan Kesenjangan Sosial pun hadir menemani dan mempertahankan alur cerita dalam film berdurasi 30 menit ini, Hal itu mulai penonton rasakan ketika Fari dalam perjalanan ke sekolah menggunakan sepeda butut, ia mendapatkan hinaan oleh teman-temannya yang mengendarai sepeda motor. 

Setibanya di sekolah, Fari terlibat adegan baku pukul oleh teman-temannya dan parahnya, ia sebagai korban. Disini, penonton pun dibuat geram oleh kelakuan 3 siswa yang bersikap nakal yang menyakiti Fari. 

Tak sampai di situ, emosi penonton kembali diguncang sesaat setelah masalah ini selesai, ketika Fari hendak meninggalkan ruangan, Guru yang tadinya membela Fari dan berusaha melerai masalah pemukulan tadi, juga dengan berat hati menagih uang Komite Sekolah yang telah nunggak selama 6 bulan. Hal tersebut memaksa fari membujuk ayahnya yang sedang sakit agar segera menjual sawah milik mereka satu-satunya.

Ketiga, dialog dalam film ini, menggunakan Bahasa dan dialeg khas Sulawesi tenggara membuat film ini wajib ditonton oleh warga Sulawesi Tenggara khususnya kota Kendari.

Dan yang terakhir adalah ending yang benar-benar mengejutkan.

Ya... Sejak awal menonton film ini, kita dibuat terjebak dalam judul “Sepenggal Pesan” yang sebenarnya masih ambigu dan perlu penjelasan, saya pribadi begitu memperhatikan  dan menantikan hal-hal apa yang akan menjadi representasi dari kata “sepenggal pesan" tersebut. 

Namun menjadi sebuah keberanian dari tim produksi wonuando films untuk mengakhiri film ini dengan dua adegan bertentangan yang sangat tak terduga. Yaitu, disaat hati penonton sedang ceria-cerianya mendapat kabar bahwa Fahri mendapat beasiswa dari sekolah, dan tentu saja hal ini akan memperbaiki semuanya. 

Sebuah pukulan telak mengiris hati ketika selama dalam pelukan Bahagia Fahri, selama itu pula Ayahnya menghembuskan nafas untuk terakhir kalinya. Selamat menyaksikan !



COMMENTS

"BELAJAR ITU SEUMUR HIDUP"
Banner99
Name

--V,1,Ahmad Muthahier,1,Amrul Nasir,1,Andhika Mappasomba,2,Aprinus Salam,1,Azizaturahmi Madil,1,bookstore,1,Celoteh,7,Cerpen,8,Citizenship,1,Citra Deviyanti,1,Cucum Cantini,2,Dwi Novita Rahayu,1,Essai,10,Ettanya Ain,6,Faika Burhan,1,Inspiratif,1,Irhyl Makkatutu,1,Ismail Fathar Makka,1,Iwan Djibran,1,Kendari,2,La Hingke,1,La Ode Gusman Nasiru,1,Lailatul Qadriani,6,Literasi,1,Muhammad Yusuf Abdan,1,Nurul Mutmainnah,1,Penerbitan,1,Puisi,5,Raya Pilbi,2,Reportase,12,Review,3,Salim Kramat Alverenzo,1,Sinopsis,1,SOGI,1,Terbitan,4,Yusuf IW,1,
ltr
item
Rumah Bunyi : Review Film : Sepenggal Pesan
Review Film : Sepenggal Pesan
https://4.bp.blogspot.com/-plld3tjLA_s/W2rSIWfyG1I/AAAAAAAAAWI/1M5gPAgye6YApRvHY5kCBYHktmAUToJFACLcBGAs/s320/IMG_20180807_031829.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-plld3tjLA_s/W2rSIWfyG1I/AAAAAAAAAWI/1M5gPAgye6YApRvHY5kCBYHktmAUToJFACLcBGAs/s72-c/IMG_20180807_031829.jpg
Rumah Bunyi
https://www.rumahbunyi.com/2018/08/review-film-sepenggal-pesan.html
https://www.rumahbunyi.com/
https://www.rumahbunyi.com/
https://www.rumahbunyi.com/2018/08/review-film-sepenggal-pesan.html
true
2473427367586082924
UTF-8
Lihat Semua Tulisan Halaman Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan Hapus Oleh Home HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA ARTIKEL LAINNYA LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA TULISAN Tulisan yang Anda cari tidak ditemukan. Kembali Ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy Semua Code Pilih Semua Code Semua Code Telah Ter-copy Code/Teks Tidak Dapat Ter-copy, Silahkan Tekan [CTRL]+[C] (Atau CMD+C di Mac) Untuk Copy