Seekor Anjing dan Sebatang Rokok

Seekor Anjing dan Sebatang Rokok
Ilustrasi, Sumber foto Google.


Seekor anjing sedang berjemur di depan gedung rektorat. Sejak saya duduk di sini, saya melihat dan memperhatikan betul bahwa setidaknya sudah ada 3 model atau gaya berbaringnya. Di depan gedung ini, adalah sebuah lapangan berumput yang cukup tertata, bersih. Biasanya, tempat ini dijadikan tempat upacara.

Seekor anjing yang berbulu tipis. Dominan putih dengan beberapa corak berwarna kecoklatan. Persisnya, saya tidak tau apa jenis anjing tersebut. Saat menyaksikan sambil menuliskan, saya juga memperhatikan telinganya yang digerakkan gerakkan.

Anjing tersebut hanya sedang berjemur, tidak sedang upacara atau memperingati hari hari tertentu. Meskipun ini hari Senin, karena intensitas hujan, tak ada yang memanfaatkan rumput yang lapang ini untuk upacara. Mungkin upacaranya dipindah ke hari lainnya.

Saat sedang memperhatikan anjing tersebut, saya juga sambil merokok. Ketika menikmatinya, justru sangat menikmati, seorang Satpam Kampus yang bertugas di teras rektorat, meminta saya untuk mematikan rokok atau tidak merokok di teras ini. Seketika itu saya mencari tulisan yang bertuliskan Larangan Merokok di tembok tembok, seperti larangan larangan ada umumnya, apalagi tentang larangan merokok.

Satpam yang bertugas di teras gedung ini menjelaskan ketakutan ketakutannya. Katanya, ini perintah. Kutanya, perintah dari siapa? Dia jawab, dari pimpinan. Saya menolak mematikan rokok, namun menghargai tegurannya, saya tidak menghisap rokok lagi, saya meletakkannya dengan baik, di samping kiri, tak jauh dari saya.

Dalan hati, saya bertanya. Mencoba membandingkan antara anjing yang bebas berjemur, dengan berbagai gaya yang dilakukannya. Rumput yang lapang menyerupai taman, yang biasanya digunakan untuk upacara kini tergantikan oleh anjing, yang menguasai sebagaiannya. Anjing boleh memanfaatkan ruang untuk berjemur, sedang saya tidak boleh memanfaatkan ruang yang lain, yang juga terbuka, tanpa larangan tertulis untuk tidak merokok.

Semoga, di gedung ini juga ada tulisan larangan korupsi, pungli ataupun tindakan suap menyuap lainnya. Saya kemudian mengingat pemberitaan tentang pemimpin baru di gedung ini, dulunya dilaporkan dan dipermasalahkan keabsahan tulisan dan penelitiannya. Semoga, di gedung ini tidak membutuhkan larangan tertulis untuk tidak korupsi, pungli ataupun suap menyuap. Seperti larangan untuk tidak merokok, yang tidak tertulis, bahkan di tempat terbuka, yang biasanya bebas untuk merokok dengan ketentuan tidak ada orang yang terganggu dan dirugikan.

Semoga, anjing anjing itu menikmatinya.

COMMENTS

"BELAJAR ITU SEUMUR HIDUP"
Banner99
Name

--V,1,Ahmad Muthahier,1,Andhika Mappasomba,2,Aprinus Salam,1,Azizaturahmi Madil,1,bookstore,1,Celoteh,7,Cerpen,8,Citizenship,1,Citra Deviyanti,1,Cucum Cantini,2,Dwi Novita Rahayu,1,Essai,10,Ettanya Ain,6,Inspiratif,1,Irhyl Makkatutu,1,Ismail Fathar Makka,1,Iwan Djibran,1,Kendari,2,La Hingke,1,La Ode Gusman Nasiru,1,Lailatul Qadriani,6,Literasi,1,Muhammad Yusuf Abdan,1,Nurul Mutmainnah,1,Penerbitan,1,Puisi,5,Raya Pilbi,2,Reportase,12,Review,2,Salim Kramat Alverenzo,1,Sinopsis,1,Terbitan,3,Yusuf IW,1,
ltr
item
Rumah Bunyi : Seekor Anjing dan Sebatang Rokok
Seekor Anjing dan Sebatang Rokok
https://3.bp.blogspot.com/-w1QdDB88uCI/WvlH9MwcUgI/AAAAAAAAAU0/PyqXq2-ab80CQmY9C_17jcCa4qIYVprlwCLcBGAs/s320/images%2B%252810%2529.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-w1QdDB88uCI/WvlH9MwcUgI/AAAAAAAAAU0/PyqXq2-ab80CQmY9C_17jcCa4qIYVprlwCLcBGAs/s72-c/images%2B%252810%2529.jpeg
Rumah Bunyi
http://www.rumahbunyi.com/2018/05/seekor-anjing-dan-sebatang-rokok.html
http://www.rumahbunyi.com/
http://www.rumahbunyi.com/
http://www.rumahbunyi.com/2018/05/seekor-anjing-dan-sebatang-rokok.html
true
2473427367586082924
UTF-8
Lihat Semua Tulisan Halaman Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan Hapus Oleh Home HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA ARTIKEL LAINNYA LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA TULISAN Tulisan yang Anda cari tidak ditemukan. Kembali Ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy Semua Code Pilih Semua Code Semua Code Telah Ter-copy Code/Teks Tidak Dapat Ter-copy, Silahkan Tekan [CTRL]+[C] (Atau CMD+C di Mac) Untuk Copy