Merasa Jokerian Padahal Kagak!!!


Seharusnya saya menuliskannya, dan mengabaikan anggapan anggapan sinis yang akan menghampiri jika saya tetap melakukannya. Tidak apa apa, biarkan saja begitu, mungkin orang yang seperti itu diciptakan dan hadir menjadi penghias. Atau mungkin belum kesambet Nur saja. Nanti Kita Liat.

Jadi begini, saat ini saya sudah di rumah. Baru saja pulang dari bioskop. Jika dikira-kira, sepertinya saya memang hanya setahun sekali mendatangi bioskop untuk menonton film, beramai-ramai. Sikap saya selama ini tentang film yang sedang heboh, sepertinya sudah bergeser. Selama ini, saya paling ANTI mengunjungi bioskop, terlebih lagi untuk latah menikmati kehebohan semata.

Di usia yang sudah kepala 3, sepertinya saya belum cukup 10 kali mengunjungi bioskop. Kunjungan pertama di tahun 2004, saat baru  beberapa hari berada di perantauan untuk melanjutkan kuliah. Saya  menonton film di bioskop (film aksi, midnight) bersama dengan sahabat saya sejak SMA. Kunjungan kedua, di tahun 2008, saat sedang PEDEKATE dengan kekasih yang menjadi istri saya, hari ini. Saat itu saya menonton film Panda bagian 1 (terpilih menjadi pendekar). Ketiga dan seterusnya, sampai malam ini, saya tidak ingat lagi.

Nah, malam tadi, saya sangat menggebu-gebu dengan film yang berjudul Joker. Ada 2 postingan Facebook yang saya lakukan, saya mengajak teman-teman untuk bersama sama menonton film itu, di Story WhatsApp hanya sekali saja. Banyak yang berminat, tapi saya memutuskan untuk mengiyakan ngajak Abdan dan Hilsam saja (belakangan ini mirip-miripmi the three musketeers). Lalu kami menonton, sangat bersemangat, hanya membutuhkan waktu 4 menit untuk mencapai gedung bioskop, berangkat dari bundaran Tank andounohu, saat jalanan masih padat di beberapa titik.

Joker, pada adegan pembuka menurut saya adalah petunjuk menentukan sudut pandang. Ini soal lingkungan (masyakarat dan sampah, sampah masyakarat). Kalimat pembuka (berita yang dibacakan lewat radio dan televisi) mendetailkan kedua persoalan tersebut. Tikus dihadirkan 2 kali. 1 pada dialog dan 1nya lagi pada latar suara berita (pada bagian lain, mungkin saya akan menentukan keberpihakan pada tokoh-tokoh yang dihadirkan oleh sutradara, Arthur dll).

Sebagai masyarakat kota Kendari, film Joker mengingatkan saya pada peristiwa beberapa bulan yang lalu. Ketika persoalan sampah hampir bersamaan dengan kemunculan begal yang fenomenal. Sebagai dugaan, segala kemungkinan bisa saja terjadi. Tidak ada yang tidak mungkin terjadi pada persoalan duniawi (materil). Buktinya, seorang Klien bisa "membunuh" dan menelikung patronnya sendiri, yang menjadi bagian dari badan ideologis patronnya). Itu hanya contoh, kita kembali ke soal Kendari dan Joker.

Pada Film Joker, settingnya saya kira terjadi antara tahun 1970-80an, penanda yang saya baca yaitu kehadiran TV layar hitam putih di apartemen Arthur dan tetangganya, serta tarian Arthur yang mirip dengan gerakan Michel Jackson, saat menuruni tangga jalanan, saat akan menghadiri undangan stasiun televisi, saat itu Arthur juga menggunakan setelan jas berwarna merah, indentik dengan properti yang dipakai pada film film yang diproduksi pada tahun 80an, atau setidak-tidaknya menggunakan latar tahun 1970-80an. Gotham tahun 1980an adalah Kendari tahun 2019, dilihat dari perilaku masyarakat urban di kedua kenyataan tersebut. Kenyataan film dan kenyataan "realitas". Atau begini, yang terjadi tahun 80an di Gotham city, baru terjadi di Kendari saat ini. Yang saya mau bilang, kita tertinggal 40tahun, tapi masalah yang kita hadapi ternyata sama.

Sampai di sini saja dulu, biarmi kayak berseri.
Yang saya mau tekankan sebagai penutup bagian pertama ini kepada orang orang yang sok (dengan quotes dan post) soal Joker, tapi hanya merupakan kumpulan penelusuran gagasan, lalu menampilkannya sebagai kesimpulan sendiri dan terkesan sangat Jokerian, dan ternyata hanyalah pertunjukan kepura-puraan, marini, kita nonton dan diskusikan. Ayokkmi, bukanji kita mau pameran ini!

Yang kedua, Joker pertama kali jahat/membunuh bukan karena ada yang kecewakan semata. Bahwa ada situasi yang disebut Noodweer/pembelaan darurat  Menurut pasal 49 ayat 1 KUHPidana, nah itu baru cocok!

Yang ketiga, jangan kecewakan hati yang padanya kamu berlindung Hayati!!!

Ngerti Gak Son?
Cc. Muhammad Yusuf Abdan Hilsam
Saya dak menulisji ulasan soal film Joker toh? Jadi, ambil dan tuliskanmi bagianTa bossku. Sama-sama jaki nonton.

#Celoteh
#GadoGado

COMMENTS

"BELAJAR ITU SEUMUR HIDUP"
Banner99
Name

--V,1,Ahmad Muthahier,1,Amrul Nasir,1,Andhika Mappasomba,5,Aprinus Salam,1,Azizaturahmi Madil,1,bookstore,1,buku,2,Celoteh,19,Cerpen,9,Citizenship,1,Citra Deviyanti,1,Cucum Cantini,2,Dwi Novita Rahayu,1,Essai,13,Ettanya Ain,16,Faika Burhan,1,Film,1,Inspiratif,1,Iphy Nerazzurri,1,Irhyl Makkatutu,1,Ismail Fathar Makka,1,Iwan Djibran,1,Kendari,2,La Hingke,1,La Ode Gusman Nasiru,1,Lailatul Qadriani,6,Literasi,1,Muhammad Agung,2,Muhammad Yusuf Abdan,1,Novel,1,Nurul Mutmainnah,1,Penerbitan,1,Puisi,5,Raya Pilbi,2,Reportase,13,Resensi Buku,1,Review,5,Ridwan Demmatadju,1,Salim Kramat Alverenzo,1,Sinopsis,1,SOGI,1,Terbitan,7,Yusuf IW,1,
ltr
item
Rumah Bunyi : Merasa Jokerian Padahal Kagak!!!
Merasa Jokerian Padahal Kagak!!!
https://1.bp.blogspot.com/-3oe7tB_kjC4/XZue_G6AtTI/AAAAAAAAAdc/DfBkpBBz9oMGHELePvMOgrjuMoxEtS-vwCNcBGAsYHQ/s200/IMG_20191007_215005.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-3oe7tB_kjC4/XZue_G6AtTI/AAAAAAAAAdc/DfBkpBBz9oMGHELePvMOgrjuMoxEtS-vwCNcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20191007_215005.jpg
Rumah Bunyi
https://www.rumahbunyi.com/2019/10/merasa-jokerian-padahal-kagak.html
https://www.rumahbunyi.com/
https://www.rumahbunyi.com/
https://www.rumahbunyi.com/2019/10/merasa-jokerian-padahal-kagak.html
true
2473427367586082924
UTF-8
Lihat Semua Tulisan Halaman Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan Hapus Oleh Home HALAMAN ARTIKEL LIHAT SEMUA ARTIKEL LAINNYA LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA TULISAN Tulisan yang Anda cari tidak ditemukan. Kembali Ke Beranda Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy Semua Code Pilih Semua Code Semua Code Telah Ter-copy Code/Teks Tidak Dapat Ter-copy, Silahkan Tekan [CTRL]+[C] (Atau CMD+C di Mac) Untuk Copy